Jumat, September 11, 2009

Mudik

Mudik masih menjadi salah satu agenda yang paling penting bagi saya. Sejak lulus SMA saya sudah terbiasa tinggal jauh dari orang tua, jadi acara mudik setiap Lebaran menjadi acara wajib, meskipun waktu masih jadi mahasiswa di Bandung dulu saya pulang kira-kira setahun 3 kali. Tetapi ketika sudah bekerja, rata-rata saya hanya bisa pulang kampung setiap Lebaran.

Seperti tahun ini, rencananya saya juga akan mudik bersama keluarga ke Kulon Progo. Mungkin ada yang tidak tahu, Kulon Progo itu di bagian Indonesia sebelah mana? Kulon Progo itu salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau kampung saya kira-kira 1 jam dari pusat kota Yogyakarta. Makanya daripada dibilang mengaku-ngaku berasal dari Yogyakarta, padahal Yogya 'coret', sering kali saya langsung bilang kalau saya berasal dari Kulon Progo (proud of being a member of West Prog community hehehe..)

Kedua orang tua saya tinggal di sana, itulah sebabnya mudik begitu penting bagi saya. Selain tujuan utamanya untuk "ngaturaken sedaya kalepatan" alias meminta maaf atas semua kesalahan, juga untuk melepas rindu dengan orang tua dan keluarga yang lain.

Selain saya juga ada beribu-ribu, bahkan mungkin berjuta-juta orang Indonesia lainnya yang menganggap acara mudik begitu penting. Itulah sebabnya setiap Lebaran, banyak orang yang rela ngantri tiket kereta api sampai nginep-nginep di stasiun atau di terminal. Atau berdesak-desakan di kereta api, bus, atau bahkan mudik naik motor yang menurut saya dari segi keamanan kurang menguntungkan.

Memang tersedia banyak maskapai penerbangan yang siap mengantarkan para pemudik untuk pulang kampung, namun tiket pesawat masihlah merupakan barang mewah untuk sebagian besar masyarakat kita, termasuk saya. Sudah hampir 2 kali Lebaran ini saya mudik menggunakan angkutan rakyat alias bus, karena alasan ekonomi, mahalnya tiket pesawat. Dan menurut saya mudik dengan bus masih cukup masuk akal, karena saya juga sudah mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan, terutama bagi my daughter.

Akhirnya, bagi para (calon) pemudik, saya ucapkan selamat mudik, have a nice trip!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar